Jumat, 06 Januari 2012

STRATEGI PEMBELAJARAN


STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING
A.     Latar belakang
Belajar merupakan upaya sadar yang dilakukan individu untuk memperoleh berbagai macam kemampuan, ketrampilan, dan sikap melalui serangkaian proses belajar yang pada akhirnya akan menghasilkan perubahan tingkah laku pada individu tersebut. Perubahan- perubahan yang diperoleh melalui proses belajar secara keseluruhan meliputi aspek kognitif, afektif, psikomotorik. Namun pada prakteknya, proses pembelejaran disekolah cenderung menekankan pada pencapaian perubahan aspek kognitif saja, yang dilakukan melalui berbagai bentuk pendekatan, strategi dan model pembelejaran tertentu. Akar masalah yang menyebabkan kurangnya kemampuan afektif siswa antara lain adalah karena strategi pembelajaran yang digunakan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa tersebut adalah strategi pembelajaran aktif. Dimana strategi pembelajaran aktif ini adalah pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Salah satu strategi pembelajaran aktif yaitu strategi pembelejaran active knowledge sharing.
B.     Deskripsi
Strategi active knowledge sharing merupakan salah satu strategi yang dapat membawa peserta didik untuk siap belajar materi pelajaran dengan cepat serta dapat digunakan untuk dapat melihat tingkat kemampuan peserta didik dalam membentuk kerja sama tim. Strategi ini menuntut siswa untuk mampu bekerja sama untuk memecahkan suatu permasalahan. Strategi ini juga dapat digunakan pada hampir semua materi pelajaran.
C.     Tujuan
Tujuan pada penggunaan strategi active knowledge sharing dalam mata pelajaran yakni agar peserta didik mampu untuk:
·        Mengembangkan kemampuan untuk bertindak cakap dalam setiap situasi
·        Mengembangkan sikap untuk dapat mendengarkan dan menaggapi sesuatu
·        Mendiskusikan permasalahan, merumuskan masalah serta menyimpulkan suatu gagasan
·        Mencari penyelesaian suatu masalah
D.    Langkah – langkah
Langkah – langkah yang dilakukan dalam strategi active knowledge sharing yaitu:
1.      Buatlah pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan diajarkan. Dimana pertanyaan – pertanyaan tersebut dapat berupa:
·        Definisi atau istilah
·        Pertanyaan dalam bentuk multiple choice
·        Mengidentifikasi seseorang
·        Menanyakan sikap atau tindakan yang mungkin dilakukan
·        Melengkapi kalimat
2.      Minta peserta didik untuk menjawab dengan sebaik – baiknya.
3.      Minta semua peserta didik untuk berkeliling mencari teman yang dapat membantu menjawab pertanyaan yang tidak diketahui atau diragukan jawabannya. Tekankan pada mereka untuk saling membantu.
4.      Minta peserta didik untuk kembali ke tempat duduk mereka, kemudian periksalah jawaban mereka. Jawablah pertanyaan – pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh peserta didik. Gunakan jawaban – jawaban yang muncul sebagai jembatan untuk mengenalkan topic yang penting dikelas.
Mata Pelajaran              : IPA
Kelas/Program              : V / SEKOLAH DASAR
Semester                         : 2 (dua)
Standar Kompetensi      : Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
Kompetensi dasar         : Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
Hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta fungsinya
A.Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
a.PengertianGayaGravitasi
Gaya Gravitasi adalah gaya tarik menarik antar partikel yang ada di alam semesta. Jika tidak ada gaya gravitasi di Bumi ini, maka semua benda akan melayang-layang di udara..
b.PengertianGayaGesek
Gaya Gesek adalah gaya yang menimbulkan hambatan ketika dua permukaan saling bersentuhan.Keuntungan dan kerugian gaya gesek:
1)Keuntungan gaya gesek
a) Membantu benda bergerak tanpa tergelincir
b) Menghentikan benda yang sedang bergerak
2) Kerugian gaya gesek
a) Menghambat gerakan
b)Menyebabkan aus
 Memperbesar dan memperkecil gaya gesek:
1)Contoh memperbesar gaya gesek:
Memasang pul pada sepatu sepak bola, agar dapat digunakan pada lapangan rumput,
Pembuatan alur-alur pada ban kendaraan,Pemasangan rem pada roda kendaraan, dll.
2)Contoh memperkecil gaya gesek:
Memberikan pelumas pada rantai kendaraan,Memasang roda pada gerobak,Memasang kayu gelondongan di bawah benda, agar dapat bergerak dengan lebihlancar, dll.
c.Pengertian Gaya Magnet
1)Benda Magnetis dan Non-magnetis
Benda magnetis adalah benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet, misalnya: besi,baja, aluminium, dll.
Benda Non-magnetis adalah benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet,misalnya: plastik, kayu, kaca, kain, karet, dll.
2) Menunjukkan kekuatan gaya magnet
a) Garis gaya magnet
Kekuatan gaya magnet tidak merata di seluruh bagiannya, tapi kekuatan yang paling besar terdapat pada bagian kutub-kutubnya, baik kutub selatan maupun utara.
b) Pengaruh jarak benda magnetis terhadap kekuatan gaya magnet
Semakin jauh jarak benda magnetis dengan magnet, maka semakin kecil kekuatan magnet untuk menarik benda tersebut.
c) Kutub senama dan kutub tidak senama pada magnet
Kutub senama: saling menolak, Kutub tidak senama: saling menarik
3) Penggunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari
Contoh penggunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari:
a) Magnet pada pintu lemari pendingin agar pintu tertutup rapat,
b) Ujung gunting dan ujung obeng untuk memudahkannya mengambil benda-benda logam kecil, seperti jarum, baut, sekrup, dll.
c) Bel listrik untuk menggerakkan pemukul belnya,
d) Papan catur agar pion-pionnya tidak mudah terjatuh,
e) Kompas, sebagai penunjuk arah utara dan selatan,
f) Dinamo sepeda untuk menyalakan lampu sepeda,
g) Alat pengangkut benda-benda logam berat, dll.
4) Membuat magnet
a) Induksi
Caranya: menempelkan benda-benda magnetis dengan magnet alami.
b) Gosok
Caranya: menggosokkan magnet dengan searah ke atas permukaan besi atau baja.
c) Aliran listrik
Caranya: mengalirkan listrik searah ke dalam suatu penghantar. Magnet yang dihasilkan disebut elektromagnetik. Elektromagnetik pertama kali ditemukan oleh Hans Christian Oerstead pada tahun 1819.Contoh pembuatannya:
Paku dililit kawat sebanyak mungkin. Sambungkan kedua ujung kumparan pada masing-masing ujung baterai. Dekatkan paku besar tadi ke arah benda-benda magnetis kecil.
E.     Simpulan dan saran
Strategi active sharing ini merupakan strategi yang dapat membuat peserta didik untuk siap belajar materi pelajaran dengan cepat. Strategi ini juga dapat membantu peserta didik untuk berfikir beberapa alternatif untuk dapat menyimpulkan suatu permasalahan secara cepat. Strategi ini cocok untuk materi – materi yang mengandung unsure definisi – definisi suatu pengertian. Dimana dengan menggunakan strategi ini, siswa bias saling bertukar ilmu pengetahuan, sehingga siswa akan lebih luas pengetahuannya dan bias berfikir secara kritis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar