S I L A B U S
Kelas : I (satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber belajar | |
Teknik penilaian | Bentuk instrumen | ||||||
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa | Hidup rukun dalam perbedaan | · Mendiskusikan tentang perbedaan secara fisik antara laki-laki dan perempuan | · Menjelaskan Ciri-ciri fisik perbedaan antara laki-laki dan perempuan. | Tes tulis Lisan | LKS Lembar | 3 jp X 35 menit | Buku PKn kelas I |
| | · Melakukan pengamatan gambar tempat ibadah agama Islam, Kristen, Budha dan Hindu · Mengelompokkan beberapa kegiatan keagamaan dari tiap agama yang diakui di Indonesia berdasarkan pengalaman sendiri atau orang lain. · Mencari informasi tentang kitab suci dan pemuka agama yang diakui di Indonesia kepada orang lain yang berada di sekolah. | · Menyebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya. · Menceritakan kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama. · Menyebutkan empat kitab suci dari agama yang ada di Indonesia. · Menjelaskan 5 pemuka agama yang diakui di Indonesia. | Perbuatan | Observasi | 3 jp X 35 menit | Buku PKn kelas I |
| | · Menyebutkan suku yang diketahuinya · Mengelompokkan suku yang terbesar. · Menyusun perbedaan dari tiap suku yang ada di Indonesia melalui cirri-ciri bahasa dan adapt istiadatnya. · Menterjemahkan atau mencari arti dari semboyan Bhineka Tunggal Ika. | · Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia · Membedakan Ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adapt istiadat atau budayanya. · Menjelaskan arti dari semboyan Bhineka Tunggal Ika. | | | 3 jp X 35 menit | Buku PKn kelas I |
| | · Menunjukkan model atau gambar yang menceritakan hidup rukun untuk menemukan manfaat hidup rukun. · Membandingkan dari gambar atau model atau kisah yang menunjukkan hidup rukun dan tidak rukun. | · Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga. · Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun. · Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan. | | | 3 jp X 35 menit | Buku PKn kelas I, gambar kegiatan gotong royong. |
| | · Menyebutkan perbedaan antara tiap individu anggota keluarga atau teman sekolah. · Menjelaskan tidak menghargai perbedaan dapat menimbulkan perselisihan, pertengkaran dan permusuhan · Menjelaskan bahwa perbedaan suatu karunia dari Allah SWT. · Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan dalam bergaul di rumah maupun di sekolah. | · Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. · Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah. | | | 2 Jp x 35 menit | Buku PKn kelas I |
2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah | Tata tertib di rumah dan di sekolah | · Menyebutkan peraturan yang harus dipatuhi di rumah dan di sekolah untuk menjelaskan manfaat dari mematuhi tata tertib. · Menceritakan atau menjelaskan contoh akibat dari tidak mematuhi tata tertib. | · Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah · Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib. · Menjelaskan akibat tidak mematuhi pada tata tertib | | | 3 jp X 35 menit | Buku PKn kelas I |
| | · Melalui lembar pengamatan dapat menunjukkan sikap tertib di rumah maupun di sekolah. | · Menunjukkan sikap tertib di rumah · Menunjukkan sikap tertib di sekolah. | | | 3 jp X 35 menit | Buku PKn kelas I |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar