Jumat, 06 Januari 2012

SILABUS PKN SEMESTER I KELAS 1 SD


S I L A B U S

Kelas                           : I (satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                      : 1
Standar Kompetensi     : 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
                                      2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator pencapaian
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
1.1    Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa

Hidup rukun dalam perbedaan
·      Mendiskusikan tentang perbedaan secara fisik antara laki-laki dan perempuan
·   Menjelaskan Ciri-ciri fisik perbedaan antara laki-laki dan perempuan.
Tes tulis
Lisan
LKS
Lembar
3 jp X 35 menit
Buku PKn kelas I


·      Melakukan pengamatan gambar tempat ibadah agama Islam, Kristen, Budha dan Hindu
·      Mengelompokkan beberapa kegiatan keagamaan dari tiap agama yang diakui di Indonesia berdasarkan pengalaman sendiri atau orang lain.
·      Mencari informasi tentang kitab suci dan pemuka agama yang diakui di Indonesia kepada orang lain yang berada di sekolah.

·   Menyebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya.
·   Menceritakan kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama.
·   Menyebutkan empat kitab suci dari agama yang ada di Indonesia.
·   Menjelaskan 5 pemuka agama yang diakui di Indonesia.
Perbuatan
Observasi
3 jp X 35 menit
Buku PKn kelas I


·      Menyebutkan suku yang diketahuinya
·      Mengelompokkan suku yang terbesar.
·      Menyusun perbedaan dari tiap suku yang ada di Indonesia melalui cirri-ciri bahasa dan adapt istiadatnya.
·      Menterjemahkan atau mencari arti dari semboyan Bhineka Tunggal Ika.

·   Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia
·   Membedakan Ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adapt istiadat atau budayanya.
·   Menjelaskan arti dari semboyan Bhineka Tunggal Ika.


3 jp X 35 menit
Buku PKn kelas I


·      Menunjukkan model atau gambar yang menceritakan hidup rukun untuk menemukan manfaat hidup rukun.
·      Membandingkan dari gambar atau model atau kisah yang menunjukkan hidup rukun dan tidak rukun.

·   Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·   Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
·   Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.


3 jp X 35 menit
Buku PKn kelas I, gambar kegiatan gotong royong.


·      Menyebutkan perbedaan antara tiap individu anggota keluarga atau teman sekolah.
·      Menjelaskan tidak menghargai perbedaan dapat menimbulkan perselisihan, pertengkaran dan permusuhan
·      Menjelaskan bahwa perbedaan suatu karunia dari Allah SWT.
·      Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan dalam bergaul di rumah maupun di sekolah.

·   Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
·   Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah.


2 Jp x 35 menit
Buku PKn kelas I
2.1    Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah

Tata tertib di rumah dan di sekolah
·      Menyebutkan peraturan yang harus dipatuhi di rumah dan di sekolah untuk menjelaskan manfaat dari mematuhi tata tertib.
·      Menceritakan atau menjelaskan contoh akibat dari tidak mematuhi tata tertib.

·   Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah
·   Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib.
·   Menjelaskan  akibat tidak mematuhi pada tata tertib


3 jp X 35 menit
Buku PKn kelas I


·      Melalui lembar pengamatan dapat menunjukkan sikap tertib di rumah maupun di sekolah.
·   Menunjukkan sikap tertib di rumah
·   Menunjukkan sikap tertib di sekolah.



3 jp X 35 menit
Buku PKn kelas I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar