Jumat, 06 Januari 2012

APLIKASI RESONANSI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


APLIKASI RESONANSI DALAM BERBAGAI SEGI KEHIDUPAN

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai peristiwa Resonansi, tahu kah apa Resonansi itu?
Resonansi adalah peristiwa bergetarnya suatu benda dengan sumber getar.Resonansi juga dapat di pandang sebagai perpindahan energi secara efisien.
Aplikasi Resonansi dalam berbagai segi kehidupan.
A.    Aplikasi Resonansi dalam bidang Seni
  Yaitu Resonansi Suara pada Gitar dan Roket.Ketika pesawat luar angkasa melesat dari landasannya di Kennedy Space Center, suaranya sangat menggelegar. Beberapa  kilometer darinya, para penonton harus memegang erat bangkunya karena getaran suara yang dihasilkan begitu besar sampai terasa menembus daging dan tulang.
      Akhir-akhir ini, artis musik country Clint Black merekam pesan-pesan dari masyarakat untuk NASA. Menurut Black, peluncuran tersebut mengingatkannya pada sesuatu yaitu dirinya sendiri.
    "Tahukah Anda bahwa gitar saya ini seperti roket," katanya. Sekedar pamer untuk menunjukkan pamornya? Tidak, memang antara gitar dan roket memiliki persamaan secara ilmiah. Gitar milik Black memiliki sifat-sifat fisika mirip roket.
   "Keduanya beresonansi," kata Rodney Rocha, seorang insinyur luar angkasa di Johnson Space Center (JSC) NASA di Houston. "Ketika Anda memegang gitar akustik," kata Black sambil mendemonstrasikannya, "Pertama kali yang Anda lihat dengan jelas adalah bentuk badan yang berisi rongga udara. Bentuk ruangan tersebut didesain untuk berbunyi karena getaran senar."

      Saat ia memetik senar untuk nada E maka badan gitar bergetar menghasilkan suara dengan frekuensi untuk nada E juga. "Kami menyebutnya resonansi dan hal tersebut adalah bagian utama penghasil gitar hebat," kata Black.
Resonansi mungkin baik untuk gitar tapi bisa menyebabkan kecelakaan dalam pesawat," kata Rocha. "Ketika pesawat naik, mesin utamanya akan bersuara sangat keras sehingga orang yang berada dekat landasan dapat terbunuh, bukan karena panasnya tapi karena hebatnya getaran suara yang dihasilkan mesin," katanya. Mesin tersebut akan menggerakkan pesawat dengan kekuatan yang luar biasa. Getaran yang dihasilkannya juga akan masuk ke dalam ruangan-ruangan di dalam pesawat termasuk bagasinya.
"Kami tidak dapat membiarakan suara ini menghasilkan resonansi yang terlalu besar," kata Rocha. Jika hal tersebut terjadi, suara akan diperkuat sehingga getaran juga bertambah besar. Baut dan sekrup bisa jadi terlepas, dindingnya sobek, dan sendi-sendinya lepas. "Hal tersebut benar-benar akan menggagalkan misi," kata Rocha.
Bukan hanya mesin, satu-satunya penghasil suara. Setelah naik, roket akan mendorong pesawat melalui atmosfer memasuki luar angkasa. Menembus udara menghasilkan gangguan aerodinamik yang besar yang akan menggetarkan badan pesawat sehingga menghasilkan bunyi. "Anda dapat mendengarnya seperti tabrakan udara di permukaan kaca jendela mobil ketika Anda kendarai," kata Rocha.

      Meskipun mencapai luar angkasa yang hampa udara, gangguan tersebut tetap ada. Getarannya dapat dihasilkan saat sebuah pesawat merapat ke wahana lain di luar angkasa atau ketika pesawat mengaktifkan roket pendorong untuk membuat manuver. Setiap mengalami tumbukan atau dorongan, roket lagi-lagi bergetar.
Menurut Rocha, tujuan para insinyur adalah memastikan getaran ini hilang secepatnya sebelum sempat merusak. Dalam bahasa musik, pembuat desain roket harus membatasi sustain.
Ketika Black membunyikan senar gitarnya, suara yang dihasilkan bertahan lama sebelum akhirnya hilang. "Itulah yang disebut sustain," katanya. Lamanya getaran tergantung bahan pembuat gitarnya. "Perhatikan saja, gitar dibuat dari bahan kayu ringan yang mudah digetarkan," lanjut Black.
Sedangkan roket terbuat dari bahan yang berat dan kaku untuk mencegah resonansi dan mengurangi sustain. Tapi, bukan hanya trik seperti ini yang digunakan untuk mendesain pesawat luar angkasa agar aman. Kadang-kadang mereka memodifikasi bentuk roket, menambahkan penyangga atau mengisi ruang-ruang yang kosong. Tujuannya mencegah getaran yang dihasilkan akibat resonansi.

      Mencegah roket agar tidak menghasilkan getaran suara tidaklah mudah karena lebih rumit daripada gitar. Sebuah gitar dibuat dari lusinan bagian yaitu pengatur senar, penjepit, sisi dan permukaan ruang udara, serta umumnya enam senar. Senar menghasilkan enam frekuensi dasar yaitu 82 hertz (Hz), 110 Hz, 147 Hz, 196 Hz, 247 Hz, dan 330 Hz untuk membentuk nada-nada tertentu.

       Roket umumnya tersusun atas ribuan bagian. Pesawat luar angkasa mengandung lebih dari satu juta komponen. Seluruh bagian bergetar bersama menghasilkan frekuensi tidak teratur dari gelombang subsonik yang hanya dapat didengar oleh gajah hingga suara melengking seperti suara kapur dipelintir di atas permukaan papan tulis.
Frekuensi mana yang menyebabkan kerusakan? Lalu bagian mana yang paling mudah rusak karena resonansi? Bagaimana Anda dapat mencegah timbulnya suara akibat resonansi yang dihasilkan alat yang rumit ini?
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, para insinyur NASA telah mengembangkan studio suara untuk pesawat. "Ini adalah ruangan besar di mana kami meletakkan roket dan mengujinya dengan suara gangguan," kata Really. "Salah satu penghasil suara akustik 165 desibel di JSC dapat menghasilkan bunyi gangguan sekuat mesin utama pesawat," katanya.
Dengan mengamati respon komponen-komponen pesawat terhadap suara gangguan tersebut, para insinyur dapat menemukan resonansi dan membuat perubahan untuk mengatasinya. "Komponen -komponen yang paling mudah rusak umumnya memiliki masa yang kecil dan memiliki banyak permukaan mirip sebuah gitar," katanya.
Pengujian akustik merupakan tahapan rutin dalam pembuatan desain roket sejak program Apollo beberapa dekade lalu. "Para insinyur NASA sedang menguji roket Saturnus dengan suara yang keras di laboratorium khusus," kata Rocha, "Baru ketika pesawat menunjukkan kemajuan, kami akan mengujinya dengan metode yang sama."
NASA juga sedang menyiapkan pembuatan pesawat luar angkasa baru, Crew Exploration Vehicle (CEV) untuk membawa astronot ke Bulan dan Mars. "Tentu saja CEV harus diujicoba di dalam kamar suara juga," kata Rocha.
Siapa menyangka bahwa mengendalikan suara seperti yang dilakukan para pemusik merupakan hal penting yang harus dilakukan para ilmuwan pembuat roket. Jika Anda mendengarkan dengan teliti, suara roket yang sedang melesat ke Bulan akan terdengar dalam sustain yang dihasilkan petikan gitar.
Pernah melihat atau menggunakan garputala ? Ada gambar garputala di samping… garputala merupakan alat yang hanya menghasilkan satu frekuensi saja.Atau dalam istilah musik, garputala merupakan alat yang hanya menghasilkan satu nada saja. Biasanya digunakan oleh musikus untuk mencari nada atau untuk menyetel alat musik seperti senar gitar atau piano.Jika kita menggetarkan garputala lalu mendekatkannya dengan senar gitar maka senar gitar yang mempunyai nada yang sama dengan nada garputala juga akan ikut bergetar.
         Pernah mendengar bunyi guntur ? kadang ketika ada bunyi guntur, jendela kaca bisa bergetar sendiri.Hal yang sama juga terjadi ketika kita memutar musik dengan keras. Kalau dirimu memutar musik dengan speaker yang besar, coba naikkan volumenya hingga bunyi musik terdengar keras (ada bunyi bass juga). Seandainya ada jendela kaca di rumahmu maka jendela tersebut bisa bergetar. Aneh ya, mengapa jendela kaca bisa bergetar ?
Contoh yang diulas sebelumnya merupakan contoh resonansi dalam kehidupan sehari-hari. Resonansi merupakan peristiwa di mana ikut bergetarnya benda lain ketika ada benda lain yang bergetar alias berosilasi. Resonansi bisa terjadi hanya jika kedua benda tersebut mempunyai frekuensi yang sama. Jika frekuensinya berbeda maka tidak mungkin terjadi resonansi.Top of Form
B.     Resonansi di bidang sumber daya alam (AIR)
       Jika ada dua benda yang mempunyai frekuensi yang sama, benda-benda ini akan saling membentuk resonansi. Dengan demikian, tidak heran jika manusia dapat dengan mudah membentuk hado. Intinya, benda-benda lain dengan hado yang sejenis dengan hado dalam diri manusia dapat membentuk resonansi dengan tubuh manusia. Sebaliknya, manusia juga dapat membentuk resonansi dengan hado yang datang dari benda-benda dengan hado yang sejenis tersebut.
           Setiap benda mempunyai gelombang intrinsik tersendiri. Benda yang dimaksud di sini adalah semua materi atom yang membentuk molekul, dan partikel sub-atom yang membentuk atom. Dengan kata lain, setiap partikel sub-atom mempunyai gelombang intrinsik tersendiri.
Pikiran dan tubuh manusia dipengaruhi oleh gelombang intrinsik benda lain yang digunakan untuk membentuk resonansi. Dalam hubungan antar manusia, kerapkali dikatakan bahwa manusia tidak cocok dengan manusia yang lain. Sebenarnya, hal ini ada kaitannya dengan gelombang dan resonansi.
Air Sebagai Sarana Pengobatan :
Prinsip dasar pengobatan hado adalah gelombang dan resonansi. Ketika gelombang pada berbagai tempat di tubuh manusia terganggu, maka tubuh manusia juga terganggu. Jika situasi ini terjadi, gelombang luar yang baru dapat masuk ke sel tubuh yang terganggu untuk kemudian beresonansi dengan sel tubuh yang terganggu tersebut. Di pihak lain, gelombang intrinsik tubuh yang tergangu itu sendiri akan tersimpan. Ini adalah gambaran sederhana mengenai pengobatan hado.
Hado adalah gelombang. Gelombang ini berbentuk bukit dan lembah. Ketika bentuk suatu gelombang yang berlawanan dengan bentuk gelombang intrinsik suatu benda digunakan maka gelombang intrinsik benda tersebut dapat tertahan. Dengan menempatkan suatu gelombang di atas gelombang yang lainnya, maka sifat asli gelombang yang lainnya akan hilang.
Prinsip menahan gelombang benda yang diuji dengan cara memberikan gelombang yang berlawanan, tidak hanya terbatas untuk gelombang suara. Prinsip ini berlaku untuk semua gelombang (hado). Pengobatan hado juga memakai konsep tadi untuk menyembuhkan pasien dengan cara mengirim hado yang dapat menahan hado yang tidak diinginkan yang ada dalam tubuh pasien. Air adalah komponen integral.
Untuk menolong orang sakit, terlebih dahulu diperiksa hado orang tersebut. Selanjutnya, disiapkan air sebagai media yang menerima transfer informasi (gelombang tubuh yang di¬periksa) dari instrumen hado. Air ini bermanfaat untuk memperbaiki gelombang tubuh yang terganggu tersebut. Air hado yang tercipta ini akan meresap ke dalam molekul, atom, dan partikel sub atom, sebagai faktor-faktor pembentuk tubuh manusia, untuk menghentikan ganguan gelombang dalam tubuh orang tersebut. Dengan meminum air hado ini, orang yang sakit akan mampu memperbaiki gelombang yang terganggu.




Pengaruh Emosi terhadap Kesehatan :
Kita semua tahu bahwa tubuh ini didominasi oleh air, yaitu sebanyak 70 persen tubuh ini terdiri dari air. Sehingga apabila Anda kekurangan air akan terasa dahaga atau haus atau keringat karena aktivitas atau terbuang berupa urine. Apabila terasa dehidrasi, maka Anda harus memasukkan cukup air untuk pengganti cairan yang hilang tersebut.
Dengan keadaan atau kenyataan seperti itu, maka harus disadari bahwa yang berkaitan dengan kesehatan yang kita miliki untuk melakukan aktivitas sehari-hari dipengaruhi dengan pikiran Anda sendiri. Yaitu dengan dipengaruhinya pikiran, baik pikiran yang positif maupun pikiran negatif itu akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh itu sendiri. Oleh karena itu, betapa pentingnya hidup dengan berpikiran positif.
Dengan adanya pikiran positif, maka Anda akan merasakan timbulnya rasa optimis dalam diri Anda sendiri. Pada akhirnya, pengaruh ke tubuh Anda akan terasa sehat dan selalu semangat dalam menjalankan kehidupan ini. Hal tersebutlah yang menjadi kekuatan yang sangat dahsyat dalam tubuh.
Orang yang suka atau selalu berpikiran negatif cenderung akan mudah sakit. Disebabkan orang yang seperti itu akan kehilangan keseimbangan tubuhnya. Hal ini dapat terjadi, disebabkan pikiran negatif akan membentuk resonansi dengan faktor negatif seperti virus sehingga membuat virus tersebut masuk ke dalam tubuh.
Seperti halnya rasa kesepian yang menyelimuti Anda berhubungan dengan bagian hippocampus dalam otak, yaitu bagian yang bergantung jawab terhadap penyimpanan memori. Begitu juga dengan aluminium berhubungan dengan demensia (kerusakan pikiran akibat luka otak). Dengan demikian, dari hasil analisis yang dilakukan oleh Masaru Emoto menyimpulkan bahwa ada kaitan erat dari rasa kesepian dengan hippocampus, dan kaitan antara aluminium dengan demensia.

Emosi negatif dari rasa kesepian akan mempengaruhi hippocampus sehingga gelombang intrinsiknya terganggu. Frekuensi gelombang hippocampus yang terganggu itu kemudian membentuk rasonansi dengan frekuensi gelombang pada aluminium yang tertimbun dalam hippocampus. Akibatnya memori juga akan terganggu.
Emosi negatif juga akan membentuk resonansi dengan virus. Salah satu contoh adalah penyakit flu. Salah satu penyebab flu adalah virus. Apabila Anda sendiri mempunyai pikiran bahwa musim ini akan banyak terjadi penyakit flu karena adanya perubahan cuaca dari musim panas ke musim dingin ataupun sebaliknya. Informasi tersebut didapatkan dari ahli kesehatan melalui surat kabar ataupun televisi yang menginformasikan hal tersebut atau karena sudah menjadi langganan sebagai siklus tahunan mengenai perubahan cuaca akan mudah terserang penyakit tersebut. Atau bisa juga dengan memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan masalah yang berkaitan keluarga, teman ataupun pekerjaan. Dan hal tersebut manjadikan emosi dan pikiran Anda negatif. Dengan adanya emosi negatif yang ada dalam pikiran Anda mulai memikirkan flu tersebut.
Sebaliknya, apabila Anda berpikiran positif sehingga mempunyai rasa optimis, maka Anda sendiri tidak mungkin ada kepikiran tentang flu tersebut. Dalam benak Anda yang terbayang hanyalah rutinitas pekerjaan, seperti kalau pekerjaan Anda dagang, bagaimana meningkatkan penjualan bulan ini, atau yang lainnya sehingga memacu kinerja Anda untuk meningkatkan omset tersebut. Maka yang gampang terkena flu, yaitu yang mempunyai pikiran negatif karena dapat merasakan dan mendapatkan pengaruh buruk tadi.
Pikiran negatif membentuk resonansi dengan banyak faktor negatif sehingga situasi semakin memburuk. Hal ini tidak hanya berlaku pada penyakit. Orang acapkali melakukan perampokan atau pun pembunuhan setelah ia membaca ataupun mendapatkan informasi baik dari surat kabar, televisi, maupun dari film yang ditontonnya—tentang materi tersebut. Akhir-akhir ini banyak kejadian pembunuhan dengan cara korbannya dimutilasi (dimaksudkan untuk menghilangkan jejak dengan membuang semua identitas yang ada dalam tubuhnya) agar korban tidak bisa dikenali lagi. Dengan cepat berita tersebut menyebar, sehingga banyak dilakukan bagi pembunuh setelah melihat atau membaca berita. Hal ini terbukti dengan banyaknya berita mengenai pembunuhan dengan cara mutilasi.
Dari pikiran atau emosi negatif tersebut yang diterima tubuh akan berpengaruh terhadap kesehatan. Karena kualitas air yang ada dalam tubuh maupun yang diterima oleh tubuh—baik dengan cara minum maupun dengan cara mandi tergantung pada informasi yang diterimanya. Konsekuensi logisnya adalah manusia—sebagai makhluk yang sebagian besar adalah air—sudah seharusnya diberikan informasi yang baik. Jika kita melakukan hal ini, pikiran dan tubuh kita akan menjadi sehat. Di pihak lain, jika kita menerima informasi yang buruk, kita akan merasakan sakit.
Dengan demikian, pada intinya semua yang ada dalam pikiran atau pola pikir—baik pikiran positif maupun negatif —akan mempengaruhi terhadap kehidupan kita, baik mengenai kesehatan maupun kehidupan yang lainnya.


C.Resonansi di Bidang Yang Lain
Resonansi merupakan suatu fenomena dimana sebuah sistem yang bergetar dengan amplitudo yang maksimum akibat adanya impuls gaya yang berubah- ubah yang bekerja pada impuls tersebut. Kondisi seperti ini dapat terjadi bila frekuensi gaya yang bekerja tersebut berimpit atau sama dengan frekuensi getar yang tidak diredamkan dari sistem tersebut.
http://alvinburhani.files.wordpress.com/2011/06/300px-pipes_wiki_resonance_tube.jpg?w=300&h=261Banyak contoh dari peristiwa resonansi yang dihadapi dalam kehidupan sehari – hari, antara lain: bila berdekatan dengan sebuah gelas dan dibangkitkan suatu nada (frekuensi) yang besarnya sama dengan frekuensi alam gelas itu sendiri maka gelas itu akan  bergetar (berbunyi) sekeras – kerasnya. Bila nada (frekuensi) tadi dibunyikan cukup keras dan secara terus – menerus maka getar gelas akan semakin diperkeras sehingga gelas dapat pecah. Dengan suara, orang dapat menghancurkan suatu benda. Juga peristiwa keruntuhan pesawat terbang yang kecepatannya mendekati kecepatan menjalar bumi berdasar atas peristiwa resonansi.
Getar pesawat yang disebabkan oleh gerak mesin – mesinnya yang diteruskan pada udara sebagai bunyi, tidak dapat dengan cepat ditinggalkan (atau meninggalkan) pesawat terbang karena kecepatan pesawat terbang tidak berbeda banyak dengan keepatan menjalar bumi. Akibatnya ialah getar badan pesawat terbang diperkeras dengan cepat sekali sehingga pesawat terbang runtuh karena hal tersebut. Dengan kecepatan agak di atas kecepatan menjalar bumi, pesawat terbang dapat terbang dengan selamat (Supersonic Flight).
Contoh lain dari peristiwa resonansi yang terjadi dalam kehidupan sehari- hari juga bisa terjadi bila dua garpu tala yang mempunyai bilangan getar atau frekuensi yang sama bila digetarkan/dibunyikan maka garpu tala yang lainnya akan ikut bergetar/berbunyi, Hal inilah yang mendorong kita untuk melakukan percobaan ini agar dapat memahami lebih lanjut tentan

1 komentar: